News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Brimob Sumbangkan Air Bersih ke Warga Kampung

Brimob Sumbangkan Air Bersih ke Warga Kampung


The Jambi Times - Bangko - Kekeringan dan kesulitan air bersih yang terjadi dibeberapa desa di Merangin, mulai menjadi-jadi. Bahkan dikabarkan sejak tiga bulan lalu, warga mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Merespon fenomena dan kesulitan warga, Detasemen B Pelopor Brimobda Jambi,Kamis (30/7) sekitar pukul 10.00, langsung turun ke lapangan. Menggunakan armada Water Canon, Brimob menyisiri perkampungan di Desa Langling Kecamatan Bangko. Kedatangan personil Brimob ini disambut antusias masyarakat. Sontak masyarakat langsung menyediakan puluhan jeriken, ember serta drum untuk menampung air bersih yang disalurkan.

Tidak hanya menyalurkan air bersih, personil Brimob juga membantu warga untuk mengangkat drum serta ember yang berukuran besar. Senyum tawa dan akrab antara warga dan Brimob terus mengiringi penyaluran air bersih ini.

Dibincangi, Suyono warga RT 04 Desa Langling menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian dan perhatian dari Brimob. Pasalnya diakuinya sumur yang dimiliki warga saat ini sudah kering. Tidak itu saja, air Sungai Piul yang mengitari desa mereka juga surut dan kotor.

"Sudah sejak awal Ramadhan lalu, sumur kami sudah kering. Untuk ngambil air harus ke desa tetangga. Diangkut dengan jeriken pakai motor," katanya.

Selain itu, dia mengatakan sekitar 74 Kepala Keluarga di dua RT di Desa Langling kesulitan air bersih. "Kami tidak menyangka, Brimob sampai peduli seperti ini. Alhamdulillah, sekarang kami bisa mengkonsumsi air bersih, kalau untuk mandi bisa menggunakan air sungai yang diendapkan," jelasnya.

Terpisah, Rumiati warga setempat mengatakan bahwa kondisi kekeringan air sumur ini sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Sebab sebelumnya, dia dan keluarga harus mengambil air sejauh 2 KM setiap hari.

“Setiap hari kami ngambil air, kurang lebih 2 KM. Biasanya untuk kebutuhan minum dan dapur kami beli air,” ungkapnya.

Dia bersama keluarga mengaku senang dengan adanya bantuan dari Brimob ini. "Baru ini ada bantuan air bersih (Brimob,red). Kalau dari Pemerintah belum ada, kami berharap juga ada dari pemerintah, kami sudah kesulitan air bersih. Ya kami sangat berterimakasih atas bantuan ini," ucap wanita berusia 42 tahun ini.

Sementara itu, terpisah Kepala Detasemen B-Pelopor Brimobda Jambi Kompol H Faishal melalui Pasi Ops Iptu Nababan mengatakan kegiatan ini merupakan kepedulian Detasemen B-Pelopor Brimob disekitar wilayah kerja. Pasalnya Brimob mendapatkan keluhan bahwa ada desa yang warganya mengalami kekeringan akibat musim kemarau dan kekurangan air bersih.

“Kegiatan ini merupakan langkah peduli kita terhadap masyarakat disekitar terutama kekurangan air bersih,” jelas Nabanan. Lebih lanjut, kegiatan bagi-bagi air bersih gratis ini dikatakan Nababan dilakukan gratis. “Kegiatan ini kita lakukan sampai sepekan kedepan. Kemudian kita juga sudah membuka Comand Center yang merupakan pusat informasi dari masyarakat terhadap Brimob. Masyarakat yang membutuhkan, kami siap membantu,” jelasnya. (lik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.