News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Guebernur:Wisudawan STIT Yapima Bungo Tingkatkan Daya Saing

Guebernur:Wisudawan STIT Yapima Bungo Tingkatkan Daya Saing


The Jambi Times - Jambi - Gubernur Jambi,.Hasan Basri Agus (HBA) menekankan agar wisudawan/wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Yapima Kabupaten Bungo terus meningkatkan daya saing. 

Hal tersebut dikemukakan oleh gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap, SH,MH,MM dalam Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam Strata Satu (S1) Angkatan VI Tahun Akademik 2014/2015 STIT Yapima Kabupaten Bungo, bertempat di Aula Hotel Semagi, Kabupaten Bungo, Kamis (2/4/2015) siang.

Gubernur mengatakan, akhir tahun 2015 ini, Indonesia akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang pasti menghendaki sumber daya manusia yang handal dan profesional.

Untuk itu, gubernur berharap agar STIT Yapima Kabupaten Bungo berkreasi dan berinovasi sesuai dengan potensi daerah.

Berkaitan dengan tuntutan kemajuan zaman, gubernur mengingatakn bahwa standar kualitas lulusan yang dihasilkan tidak hanya mengacu pada kepentingan nasional tetapi juga harus mengacu pada kepentingan internasional.

Gubernur mengungkapkan, guna memenuhi standar lulusan yang mengacu pada kepentingan nasional dan internasional, tentu banyak yang harus dibenahi oleh STIT Yapima, dari sisi sarana prasarana, terutama dari sisi metodologi dan kualitas proses belajar mengajar.

Gubernur mengemukakan, gelar sarjana merupakan tantangan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dimana para lulusan yang telah menyandang gelar sarjana diharapkan dan dianggap mempunyai nilai lebih di tengah kehidupan masyarakat. Berkaitan dengan harapan dan anggapan masyarakat tersebut, gubernur menghimbau para wisudawan dan wisudawati menjadi manusia pembelajar, yang belajarnya tidak hanya terbatas di sekolah dan kampus.

Gubernur juga mengingatkan supaya para wisudawan dan wisudawati tidak hanya terpaku untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, karena daya tampung Pegawai Negeri Sipil sangat sedikit dibanding dengan jumlah pencari kerja, artinya tidak mungkin semua lulusan tertampung menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Selanjutnya, gubernur mengharapkan agar STIT Yapima Kabupaten Bungo berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi.

Selain itu, gubernur menyampaikan, pada Februari 2015, pertubumbuhan ekonomi Provinsi Jambi 7,93%, merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera dan kedua di Indonesia.

Kopertais Wilayah 13,Hadri Hasan, dalam sambutannya menekankan bahwa pendidikan, baik ilmu pengetahuan dan akhlak merupakan prasyarat yang tidak bisa ditawar-tawar untuk memajukan negara.

Hadri Hasan menghimbau para wisudawan dan wisudawati untuk memegang tiga komitmen, yakni komitmen keilmuan, komitmen moral, dan komitmen sikap profesional.

Ketua Yayasan Insan Madani Kabupaten Bungo,M.Nur Hasri, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan hibah senilai Rp250 juta pada tahun anggaran 2014 untuk pembangunan gedung baru kampus STIT Yapima.

M.Nur Hasri mengungkapkan, saat ini STIT Yapima menjalankan program membebaskan iuran wajib SPP dan pembangunan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang tidak mampu secara ekonomi, yang saat ini berjumlah 56 orang.

Ketua STIT Yapima,Muhammad Najmi dalam laporannya menyampaikan, STIT Yapima Kabupaten Bungo telah berumur 9 tahun, dan jumlah mahasiswa/i saat ini 381 orang, dengan rincian, yang menempuh pendidikan semester II 95 orang, semester IV 50 orang, semester VI 60 orang, semester VIII 100 orang, dan semester X 76 orang.

M.Najmi menyatakan, jumlah wisudawan dan wisudawati kali ini sebanyak. 68 orang jenjang S1 Pendidikan Agama Islam (10 semester), 38 orang laki-laki dan 30 orang perempuan.

M.Najmi mengatakan, ada dua lembaga pendidikan dibawah binaan STIT Yapima, yaitu SMK Yapima dan Pondok Pesantren Darul Ulum.

Pada kesempatan tersebut, Husen Ritonga  menyampaikan orasi ilmiah, yang intinya penekanan terhadap perlunya keseimbangan kemampuan ilmu pengetahuan dan akhlak.(Tim-JT)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.