News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

PETI Rusak Kawasan Geopark Merangin

PETI Rusak Kawasan Geopark Merangin



The Jambi Times - Bangko - Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) tanpaknya semakin sulit untuk diatasi. Pasalnya, aktivitas yang dilakukan masyarakat setempat kini tidak hanya merusak lahan pertanian seperti sawah dan perkebunan saja.

Informasi yang didapat, Aktivitas PETI ini bahkan sudah mulai beraktivitas di kawasan wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Merangin, yakni Geopark Merangin di kawasan Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap.

  Munculnya aktivitas Peti diwilayah Geopark sudah jelas akan mengancam rencana Pemerintah kabupaten Merangin, untuk menjadikan Geopark diakui di mata internasional.

Hal itu diungkapkan Junaidi (45) warga setempat, ketika The Jambi Times konfirmasi  ini Minggu (29/3/2015), membenarkan adanya aktivitas PETI disepanjang aliran Sungai Geopark. Bahkan aktivitas Peti jenis Dompeng ini dilakukan warga setempat tidak bisa dicegha lagi.

"PETI sejak beberapa bulan terakhir  warga banyak yang mendompeng di sekitra lokasi Geopark," jelasnya.

"Pernah di razia tapi warga mulai mendompeng lagi. Kita harap Pemkab dapat ambil tindakan tegas lah. Kalau tidak nanti Geopark akan hancur," ungkapnya.

Sementara Bupati Metangin, Al Haris dikonfirmasi maraknya aktivitas Peti menggunakan alat Dompeng disekitaran Geopark kebangaannya masyarakat merangin. Haris cukup menyayangkan tindakan warga tersebut.

"Memang benar dan warga setempat sendiri yang bermain dompeng disana," terangnya.

Bahkan bupati juga mengatakan, bahwa pihak Pemkab Merangin tidak akan tinggal diam dan akan terus memburu Peti di kawasan Geopark. Beberapa waktu lalu Pemkab dan aparat TNI dan Polres melakukan razia di kawasan Geopark.

"Kita sudah razia,  dan baru berhasil menenukan sekitar 10 dompeng dan langsung kita bakar alat dompengnya," kata Al Haris.

"Kita menghimbau agar warga jangan lagi melakukan aktivitas PETI lagi di kawasan Geoparak maupun ditempat lain," tuntasnya.(lik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.