News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

50 Petugas Penyuluh Pertanian Pengsiun

50 Petugas Penyuluh Pertanian Pengsiun




The Jambi Times - Bangko - Sebanyak 50 orang penyuluh pertanian di Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Merangin dalam kurun waku lima tahun kedepan telah memasuki masa pensiun.

Hal tersebut ditegaskan Sekda Merangin H Sibawaihi pada apel kedisiplinan,Selasa (16/3/2015) di lapangan Kantor Bupati Merangin. ‘’Artinya agar nantinya kekosongan sumberdaya penyuluh dapat diatasi perlu cepat disikapi,’’ujar Sekda.

Apalagi lanjut Sekda, belum semua desa di Kabupaten Merangin memiliki tenaga penyuluh. Mengingat satu faktor yang paling menentukan dalam keberhasilan penyuluhan adalah tersedianya sumberdaya penyuluh.
Jumlah tenaga penyuluh pertanian Kabupaten Merangin saat ini mencapai 293 orang. Para tenaga penyuluh itu tersebar di setiap desa dan kecamatan, yang memiliki kompetensi memadai.

Keberadaan tenaga penyuluh tersebut tentunya dapat diandalkan dalam menunjang program kerja pemerintah yang telah tersusun, guna meningkatkan produk pertanian di setiap desanya.

Keberadaan tenaga penyuluh pertanian juga guna menjawab tuntutan masyarakat, dalam pengembangan teknologi pertanian melalui transfer teknologi sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing wilayah.
Dalam rangka memudahkan koordinasi secara terstruktur dan sistematis, pemerintah telah menyediakan unit-unit pelaksana teknis sebagai perpanjangan badan di kecamatan.

 Unit-unit pelaksana teknis itu sebagai wadah informasi bagi penyuluh dan petani dalam mempercepat penyerapan informasi teknologi pertanian, perikanan dan kehutanan.

‘’Saat ini unit pelaksana yang dimiliki sebanyak 19 unit dari 24 kecamatan di Kabupaten Merangin. Artinya masih ada lima kecamatan lagi yang belum memiliki unit pelaksana teknis,’’terang Sekda. (lil)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.