News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Wagub:Inovasi Teknologi Tepat Guna Terus di Kembangkan

Wagub:Inovasi Teknologi Tepat Guna Terus di Kembangkan


The Jambi Times - Jambi - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi,,Fachrori Umar mengemukakan bahwa inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) harus terus dikembangkan. Hal tersebut disampaikan oleh Wagub dalam Pembukaan Final Lomba Karya Tulis Ilimiah dan Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Jambi Dalam Rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas), bertempat di WTC Batanghari, Kota Jambi, Senin (1/9) siang.

Wagub mengatakan, tuntutan terhadap penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) semakin mengemuka dan masyarakat semakin sadar bahwa Iptek merupakan salah satu faktor penentu dalam mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan, dan untuk kemajuan bangsa, peranan Iptek sangat dibutuhkan.

"Sejarah umat manusia telah membuktikan, semakin tinggi tingkat penguasaan Iptek suatu bangsa, maka semakin tinggi pula tingkat kemajuan dan kesejahteraan bangsa tersebut," ujar Wagub.

Wagub menjelaskan, Presiden RI melalui Keppres Nomor 71 Tahun 1995 telah menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas), untuk memperingati keberhasilan putra putri bangsa Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan Iptek, dan didasarkan atas peristiwa sejarah tonggak perjalanan Iptek bangsa Indonesia, yakni penerbangan perdana pesawat terbang N 250 Gatoto Kaca yang merupakan hasil karya anak-anak bangsa.

Wagub mengungkapkan, lomba karya tulis ilmiah dan lomba inovasi TTG ini sebagai salah satu sarana di Provinsi Jambi untuk memotivasi anak-anak didik dan masyarakat Provinsi Jambi dalam pengembangan dan pemanfaatan Iptek, guna menumbuhkembangkan dan menguatkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa), sebagaimana Peraturan Bersama Menteri Riset dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2012 tentang Penguatan SIDa.

Wagub berpesan agar para peserta lomba jangan cepat puas atas apa yang telah diraih, namun terus berkarya, mengembangkan kemampuan dan potensi.

Selain itu, Wagub menyatakan penghargaan yang tinggi kepada siswa siswi SMA Titian Teras yang telah mengharumkan nama Provinsi Jambi, dengan meraih medali emas dalam mengikuti lomba Iptek tingkat internasional, yaitu Opsi 2014, Ispro 2014, MCII 2014, IYIA 2014, dan Euro Invent 2014.

Menanggapi pertanyaan wartawan dalam sesi wawancara tentang acara ini, Wagub menegaskan bahwa dirinya sangat mengapresiasi karya-karya yang dihasilkan oleh anak-anak sekolah Provinsi Jambi.

Wagub mengatakan, salah satu kendala produk yang dihasilkan dalam TTG ini adalah pemasaran, seraya menghimbau SKPD dan instansi terkait untuk membantu mengatasi permasalahan pemasaran tersebut.

"Lagian, kalau produk dalam negeri, khususnya produk Jambi layak jual, kenapa kita harus beli di luar?," ungkap Wagub.

Wagub mengemukakan, keahlian anak-anak tersebut harus diperhatikan.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi, Arif Munandar, SE, dalam laporannya menyampaikan, tema Final Lomba Karya Tulis Ilmiah ini adalah "Inovasi Pangan, Energi, dan Air untuk Daya Saing Bangsa."

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Wagub, Arif Munandar mengapresiasi karya anak-anak sekolah Provinsi Jambi ini dan berharap agar karya tersebut dikembangkan secara berkesinambungan.

Pada kesempatan tersebut, Wagub didampingi oleh kepala Balitbangda Provinsi Jambi dan perwakilan dari Bank Jambi meninjau stan-stan TTG yang ikut serta dalam acara tersebut. (Tim-JT)).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.