News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

HBA: Permasalahan Ketahanan Pangan Perlu Koordinasi Lintas Sektor

HBA: Permasalahan Ketahanan Pangan Perlu Koordinasi Lintas Sektor


The Jambi Times - Jambi - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus  menyampaikan permasalahan ketahanan pangan harus diantisipasi bersama agar kerentanan penduduk terhadap rawan pangan tidak terjadi,(21/8).

"Penanganan  ketahanan pangan memerlukan koordinasi lintas sektor," ujar HBA.

Dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Jambi Periode I Tahun 2014 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi juga dihadiri Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar serta para Bupati selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten serta unsur terkait yang menekankan keseriusan dalam mengatasi serta menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat.

Menyadari pentingnya ketahanan pangan dengan mengantisipasi faktor laju pertambahan penduduk, perubahan iklim yang ekstrim, alih fungsi lahan yang sangat pesat, distribusi bahan pangan, serta ancaman kegagalan pangan merupakan masalah pokok yang harus menjadi perhatian bersama untuk diantisipasi.

"Formulasikan berbagai program yang mengacu pada tujuan pembangunan ketahanan pangan," jelas HBA.

Mengacu pada Rencana Stategis Kementerian Pertanian dalam peningkatan swasembada berkelanjutan, peningkatan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah,daya saing, dan impor serta peningkatan kesejahteraan petani yang telah dituangkan dalam program prioritas keempat RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2010-2015,"Tidak mungkin berhasil kalau tidak serius memikirkan rakyat karena sudah menjadi tugas kita sebagai pelayan rakyat termasuk Gubernur," ungkap HBA.

Terkait dengan koordinasi lintas sektor maupun wilayah HBA menekankan peningkatan adopsi teknologi pertanian, alih fungsi lahan, ketersediaan bibit, serta berbagai faktor yang terkait langsung dengan ketahanan pangan dapat  koordinasikan secara baik,"Ego sektoral tidak boleh terjadi dalam mengupayakan ketahanan pangan bagi masyarakat," tegas HBA.

Dalam laporan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Hartono menyampaikan kegiatan yang.mengusung tema percepatan perwujudan lahan pangan berkelanjutan mendukung kedaulatan pangan, kemandirian dan ketahanan pangan menuju jambi emas 2015 tersebut  diikuti 200 peserta yang menjadi pengurus Dewan Ketahanan Pangan dari Kabupaten se Provinsi Jambi dengan tujuan memantapkan program ketahanan pangan untuk meningkatkan ketahatan pangan, kadaulatan pangan dan kemandirian pangan yang berkelanjutan.(Tim-JT)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.