News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

10 Bangunan Masjid Paling Tua di Indonesia

10 Bangunan Masjid Paling Tua di Indonesia



  The Jambi Times - Jika sebelumnya kami telah membagikan informasi tentang 10 Bangunan Masjid Paling Tua di Dunia. Kali ini kita akan mengulas beberapa masjid paling tua yang ada di Indonesia. Daftar yang kami kutip dari uniqpost.com. Seperti apa masjid paling tua tersebut? simak daftar lengkapnya dibawah ini:
 10  Masjid Tua Palopo - 1604 
Masjid Tua Palopo - 1604
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Tua Palopo merupakan masjid peninggalan Kerajaan Luwu yang berlokasi di kota Palopo, Sulawesi Selatan. Masjid ini didirikan oleh Raja Luwu yang bernama Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604 masehi. Masjid yang memiliki luas 15 meter persegi ini diberi nama Tua, karena usianya yang sudah tua. Sedangkan nama Palopo diambil dari kata dalam bahasa Bugis dan Luwu yang memiliki dua arti, yaitu: pertama, penganan yang terbuat dari campuran nasi ketan dan air gula, kedua, memasukkan pasak dalam lubang tiang bangunan. Kedua makna ini memiliki relasi dengan proses pembangunan Masjid Tua Palopo ini.

 9  Masjid Al-hilal Katangka - 1603 
Masjid Tua Palopo - 1604
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Al-Hilal atau lebih dikenal dengan nama Masjid Katangka adalah salah satu masjid tertua di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Dinamakan Masjid Katangka karena berlokasi di kelurahan Katangka, kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Selain itu, masjid ini disebut Katangka, karena bahan baku dasar dari masjid tersebut diyakini diambil dari pohon Katangka. Sebuah prasasti menginformasikan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1603 masehi, tetapi beberapa sejarawan meragukan informasi ini. Pendapat lain mengatakan bahwa masjid dibangun pada awal abad ke-18. Masjid Al Hilal Katangka dulunya merupakan masjid Kerajaan Gowa. Letak masjid berada di sebelah utara kompleks makam Sultan Hasanuddin. Lokasi makam yang diyakini sebagai tempat berdirinya Istana Tamalate, istana raja Gowa ketika itu. Sebuah jalan yang dikenal sebagai Batu Palantikang, merupakan jalan yang sering dilintasi raja dan keluarga menuju masjid

 8  Masjid Mantingan - 1559 
Masjid Mantingan - 1559
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Mantingan adalah sebuah masjid kuno di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Masjid ini konon didirikan pada masa Kesultanan Demak. Masjid Mantingan merupakan masjid kedua setelah Masjid Agung Demak, yang dibangun pada tahun 1481 Saka atau tahun 1559 Masehi berdasarkan candrasengkala yang terukir pada mihrab Masjid Mantingan berbunyi “Rupa Brahmana Warna Sari”. Pembangunan masjid ini berkait dengan anak R. Muhayat Syeh, sultan Aceh, yang bernama R. Toyib. Pada awalnya R. Toyib yang dilahirkan di Aceh ini menimba ilmu ke Tanah Suci dan Negeri Cina (Campa) untuk dakwah Islamiyah. Ia pergi ke Jawa (Jepara) dan menikah dengan Ratu Kalinyamat (Retno Kencono). Ratu ini adalah putri Sultan Trenggono, sultan Kerajaan Demak. Akhirnya beliau mendapat gelar Sultan Hadlirin dan sekaligus dinobatkan sebagai adipati Jepara sampai wafat.
 7  Masjid Agung Banten - 1552-1570 
Masjid Agung Banten - 1552-1570
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama dari Kesultanan Banten. Ia adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati. Masjid ini dikenali dari bentuk menaranya yang sangat mirip dengan bentuk sebuah bangunan mercusuar.

 6  Masjid Menara Kudus - 1549 
Masjid Menara Kudus - 1549
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Menara Kudus atau disebut juga dengan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Masjid ini terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Mesjid ini berbentuk unik, karena memiliki menara yang serupa bangunan candi. Masjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Pada masa kini, masjid ini biasanya menjadi pusat keramaian pada festival dhandhangan yang diadakan warga Kudus untuk menyambut bulan Ramadan.

 5  Masjid Sultan Suriansyah - 1526 
Masjid Sultan Suriansyah - 1526
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Sultan Suriansyah atau Masjid Kuin terletak di Kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550), Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Masjid Kuin merupakan salah satu dari tiga masjid tertua yang ada di kota Banjarmasin pada masa Mufti Jamaluddin (Mufti Banjarmasin), masjid yang lainnya adalah Masjid Besar (cikal bakal Masjid Jami Banjarmasin) dan Masjid Basirih. Masjid ini letaknya berdekatan dengan komplek makam Sultan Suriansyah dan di tepian kiri sungai Kuin.

 4  Masjid Agung Demak - 1474 
Masjid Agung Demak - 1474
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Agung Demak terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini diperkirakan didirikan oleh Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi. Raden Patah bersama Wali Songo mendirikan masjid yang karismatik ini dengan memberi gambar serupa bulus. Ini merupakan candra sengkala memet, dengan arti Sarira Sunyi Kiblating Gusti yang bermakna tahun 1401 Saka. Gambar bulus terdiri atas kepala yang berarti angka 1 (satu), 4 kaki berarti angka 4 (empat), badan bulus berarti angka 0 (nol), ekor bulus berarti angka 1 (satu). Dari simbol ini diperkirakan Masjid Agung Demak berdiri pada tahun 1401 Saka.

 3  Masjid Ampel - 1421 
Masjid Ampel - 1421
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Ampel adalah terletak di kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid seluas 120 x 180 meter persegi ini didirikan pada tahun 1421 Masehi oleh Sunan Ampel, didekatnya terdapat kompleks pemakakaman Sunan Ampel. Masjid yang merupakan salah satu objek wisata religi di kota Surabaya ini, dikelilingi oleh bangunan berarsitektur Tiongkok dan Arab disekitranya. Disamping kiri halaman masjid, terdapat sebuah sumur yang diyakini merupakan sumur yang bertuah, biasanya digunakan oleh mereka yang meyakininnya untuk penguat janji atau sumpah.

 2  Masjid Wapauwe - 1414 
Masjid Wapauwe - 1414
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Wapauwe adalah masjid masjid tertua di Maluku. Masjid ini dibangun pada tahun 1414 Masehi. Masjid yang saat ini masih berdiri dengan kokohnya, menjadi bukti sejarah Islam di Maluku pada masa lampau.

 1  Masjid Saka Tunggal - 1288 
Masjid Saka Tunggal - 1288
Masjid Paling Tua di Indonesia
Masjid Saka Tunggal terletak di desa Cikakak kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, provinsi Jawa Tengah. Masjid ini diyakini dibangun pada tahun 1288, seperti yang tertulis pada Saka Guru (Tiang Utama) masjid ini. Tahun pembuatan masjid ini lebih jelas tertulis pada kitab-kitab yang ditinggalkan pendiri masjid ini, yaitu Kyai Mustolih. Tapi sayang, kitab-kitab tersebut telah hilang bertahun-tahun yang lalu. Setiap tanggal 27 Rajab di masjid ini diadakan pergantian Jaro dan pembersihan makam Kyai Mustolih. Masjid Saka Tunggal yang berjarak ± 30 km dari kota Purwokerto ini, disebut taka tunggal karena dulunya masjid ini hanya mempunyai satu tiang penyangga.(Berbagai Sumber)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.