News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Daging Beku Dicairkan, Jangan Lagi Dimasukkan ke Freezer!

Daging Beku Dicairkan, Jangan Lagi Dimasukkan ke Freezer!


The Jambi Times - CARA terbaik mengonsumsi daging adalah langsung mengolahnya usai dibeli. Bila terpaksa membekukan daging, pastikan prosesnya tidak lebih dari sekali.

Penyimpanan daging dalam keadaan beku berguna untuk menjaga kualitas dan rasanya. Setelah jangka waktu tertentu, makanan beku mulai mengering, sehingga semakin kecil potongannya.

Waktu penyimpanan daging dalam keadaan beku yang dianjurkan; daging cincang hingga 3 bulan dan daging yang akan dipanggang sampai 6 bulan. Melebihi waktu ini, daging masih aman dikonsumsi namun teksturnya menjadi cukup kering. Bungkus dengan plastik yang aman disimpan dalam freezer lalu tekan udara keluar dan rapatkan bungkusnya saat akan disimpan dalam freezer.

Membekukan daging yang telah dicairkan (menyamakan suhunya dengan suhu ruangan) sangat tidak dianjurkan, kecuali jika Anda memasaknya terlebih dahulu. Cara terbaik penyimpanan daging yang disarankan adalah dengan dibungkus per porsi sekali masak. Jika daging dibekukan kembali, maka dampak yang akan terjadi seperti diulas Australian-beef, yaitu:

- Kualitas daging akan menjadi rusak setiap kali dicairkan dan dibekukan lagi. Pembekuan menciptakan kristal es dalam struktur daging sehingga daging mengandung air yang cukup tinggi.

Kristal es ini menyebabkan serat daging rusak sehingga mengeluarkan air saat dicairkan, padahal air (juicy) daging harus dijaga sepanjang proses pemasakan. Jika proses pemebekuan dan pencairan dilakukan kembali, tekstur daging akan menjadi kering.

- Kemungkinan menimbulkan risiko mikroba sebagai akibat dari pembekuan kembali daging yang tidak dimasak terlebih dahulu. (ftr/okezone)   

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.